Tips Menyiapkan Dana Darurat

Tips Menyiapkan Dana Darurat – Apaan sih Dana Darurat? Kalau menurut Perencana Keuangan Financial Ligwina Hananto, Dana darurat itu uang yang duduk manis dipojokan. Kalau kita kita atau keluarga ada yang kena musibah, uang tersebut bisa digunakan. Misalnya kalau ada anggota keluarga sakit keras itu berbarti ada asuransi kesehatan, jadi dana darurat itu ibaratnya bumber, kata Ligiwina kepada kontan.co.id

Lantas, bagaimana sebaiknya penyimpanan dana darurat ? Ligwina menuturkan, sebaiknya untuk mereka yang masih lajang adalah 4x pengeluaran bulanan. Sedangkan untuk mereka yang sudah berpasangan adalah 6x pengeluaran bulanan. Untuk pasangan yang punya anak satu adalah 9x pengeluaran bulanan, dan untuk yang punya anak lebih dari dua adalah 12x pengeluaran bulanan.

Idealnya memang setiap keluarga punya dana darurat. Namun tidak mudah karena untuk pengeluaran sehari-hari saja masih pas-pasan. di tambah lagi harga barang kebutuhan pokok semakin mahal. Jadi bagaimana caranya mulai mengumpulkan dana darurat dengan sukses? Berikut ini beberapa tips menyiapkan dana darurat yang bisa diterapkan, tips ini diambil dari media online kompas.com

Tips Menyiapkan Dana Darurat

1.Rekening khusus untuk dana darurat

Memang sebaiknya buat rekening khusus di mana dana darurat bisa disimpan tanpa tercampur dengan uang untuk keperluan lain. Dengan begitu, kita bisa benar-benar fokus untuk menaruh uang di rekening ini, khusus untuk dana darurat.

2. Kenali pola keuangan dan pengeluaran

Untuk mengetahui seberapa banyak yang harus dibutuhkan untuk dana darurat, terlebih dahulu kita harus tahu berapa banyak biaya yang dikeluarkan keluarga setiap bulannya. Mulailah mencatat setiap pengeluaran yang ada, khususnya yang utama seperti pengeluaran untuk bayar listrik, bayar cicilan rumah, bayar cicilan mobil, bayar asuransi, uang sekolah anak, dll.

3. Sisihkan sedikit demi sedikit

Kalau saat ini pemasukan dan pengeluaran sudah pas-pasan, sebaiknya pikirkan untuk menyisihkan sedikit uang tiap bulannya dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu atau bukan prioritas utama. Harus benar-benar disiplin untuk menyisihkan ini, tidak peduli seberapa besar yang akan disisihkan.

4. Hindari berhutang kartu kredit

Ini adalah penyakit akut dari kebanyakan masyarakat sehingga timbul banyak masalah. Banyak cara untuk menghilangkan hutang kartu kredit, salah satunya adalah membayar kartu kredit yang mempunyai bunga paling tinggi dan mulai membayarnya sampai lunas lalu pindah ke kartu kredit berikutnya. Jika saat ini tidak ada hutang kartu kredit, maka itu lebih baik. Jangan sampai berhutang ke kartu kredit karena bunganya yang tinggi hanya akan membuat Anda jadi lebih terjebak dalam lingkaran hutang daripada financial freedom.

Itulah beberapa tips menyiapkan dana darurat, tips lainnya adalah ambil asuransi Unit Link terbaik di Indonesia Commonwealth Life investra link, sebuah produk asuransi yang memberikan dua perlindungan sekaligus, asuransi jiwa dan investasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s