Mobil Sedan Corolla Generasi Baru dan Jadul

Barusan ane baca di media online yang mengabarkan tentang mobil sedan corolla generasi baru yang hargnya samapi 400jutaan, akan tetapi mobil sedan corolla ini bukan untuk pasar Inodesia melainkan pasar tetangga kita Malaysia ATPM Toyota di Malaysia suda melakukan sosialiasai tentang harga mobil sedan Corolla baru di berbagai dealer. Harga sedan C-segment generasi ke-10 itu ternyata cukup tinggi, tembus Rp 415 juta (115.000 ringgit) begitu tulisan yang ane baca di kompas online. Ada tiga model yang disediakan, Altis 1.8E (AT) – 115.000 ringgit (Rp 415 juta), Altis 2.0G (AT) – 125.000 ringgit (Rp 450 juta) dan paling mahal Altis 2.0V (AT) – 137.000 ringgit (Rp 494 juta). Harga itu belum termasuk asuransi dengan tambahan sekitar Rp 3 jutaan. Varian E sebagai versi termurah tak lagi dijual. Kalau dibandingkan dengan di Indonesia PT Toyota Astra Motor menjual tiga tipe, yakni 1.8E (MT) Rp 361 juta, 1.8G (AT) Rp 383,9 juta, dan 2.0V (AT) Rp 416 juta. Diperkirakan, model ini akan mulai di jual di Malaysia pada akhir Januari 2014. Indonesia?

Kalau di Indonesia seh tenang-tenang saja, mobil sedan corolla masih sangat banyak yang meminatinya, boleh dikatakan Toyota merupakan salah satu raja di segmen mobil sedan. Ini dibuktikan dengan masih banyaknya produk mobil toyota keluaran zaman dahulu masih di cari atau di minati oleh banyak kalangan. Punya mobil jaman dulu atau mobil berusia tua sepertinya menuntut banyak perawatan karena dianggap ondrdil mobil tua itu sudah tidak layak jalan. Namun anggapan itu tidak dijadikan masalah oleh komunitas Great Corolla Club. Salah satu anggota komunitas tersebut mengatakan pertamanya dia pakai mobil sedan cororlla great karena warisan dari mertua, namun semakin lama dia semakin suka akhirnya sekarang sudah punya lima unit mobil sedan corolla great. Dia memilih mobil sedan corolla greco karena model mobil sedan asala pabrikan Toyota ini merupakan produk yang tahan banting, selain itu desain mobilnya tak lekang oleh zaman, meski sudah berumur.

Perawatan Mobil Sedan Corolla

Kalau masalah perawatan mobil sedan corolla itu tergantung pemakainya. Seberapa besar rasa sayang pemakai pada mobil sedan corolla karena problem yang biasanya ditemui pada model greco ya itu-itu doang. Kita tinggal mengganti sama yang baru, sudah selseai maslahnya, begitu ucap Danang salah satu anggota komunitas. Kalau masalah ketersediaan suku cadang, pemilik mobil sedan corolla Greco juga tak perlu cemas dkarenakan beberapa produk masih ada dan tersedia di dealer resmi Toyota dan lagi onderdil substitusi dari merek-merek purnajual juga masih banyak tersedia di pasar.

Harga Jual Kembali Mobil Sedan Corolla

Bisa dikatakan kalau mobil sedan corolla model Greco termasuk dalam gologan mobil tua karena melihat usianya yang sudah 20 tahun. Namun, ngomong soal produk Toyota, harga jual kembali masih tinggi ketimbang merek lain di jenis yang sama, apalagi kalau pakai cara meningkatkan penjualan online, jualnya bisa tinggi sekali “Kalau ini faktor Toyota-nya. Merek ini kuat di pasar dan banyak yang bilang tidak mudah rusak membuatnya masih banyak diminati,” imbuh Danang.

Sekarang ini pasaran mobil sedan corolla Greco keluaran 1992-1995 bisa dibandrol kisaatan dari Rp 50 juta-an sampai ratusan juta. Kalau kamu sedang berminat berburu sedan bekas, Danang memberikan tips kalau mobil sedan corolla Greco bisa menjadi alternatif utama. Gambaran penghitungannya, cukup menambah biaya Rp 5 juta untuk perbaikan kaki-kaki, Rp 5 juta untuk turun mesin, dan Rp 5 juta lain untuk perbaikan-perbaikan kecil lain. “Dengan dana itu sudah cukup, pasti kembali nyaman lagi mobilnya,” jelas Danang.

Kalau mobil sedan corolla model DX harga jualnya malah bisa lebih mantap lagi bro.. “Untuk bahan yang kondisinya berkarat, banyak dempulan, cat pudar, dan banyak komponen orisinalnya hilang, paling murah harganya sekitar Rp 25 juta-an. Akan tetapi kalau mobil sedan corolla DX itu sudah jadi, keren dan full original ada yang berani bayar sampai Rp 100 juta,” begitu katanya Andika Pramana, pemilik Corolla DX keluaran 1982 yang tergabung dalam Indonesia Corolla DX Community Chapter Depok.

Restorasi dan modifikasi Mobil Sedan Corolla

Indonesia Corolla DX Community Chapter setuju kalau faktor harga semakin melambung karena banyaknya konsumen yang berminat mempunyai mobil klasik dengan beragam nilai historis dan juga melegenda. Bukan cuman ingin memiliki penampilan yang orisinal seperti pertama kali keluar, namun juga direstorasi atau dimodifikasi dengan aliran sesuai keninginan. Bahkan balap retro nasional sekarang ini masih dihias oleh beberapa Mobil Sedan Corolla DX yang menjadi andalan. Alasan dari para pebalap, mudah dikendalikan dan mudah dimodifikasi.

Selain itu, bagi para modifikator, Mobil Sedan Corolla DX juga mudah dimodifikasi dan cocok dipasangi model body kit dengan model dan aliran apa pun. Beberapa kontes modifikasi yang digelar masih menampilkan sosok DX bergaya balap, rally, vintage, dan paling banyak retro.

Komponen Mobil Sedan Corolla

Memang lumrah kalau pebalap dan modifikator mobil banyak yang memilih Mobil Sedan Corolla DX kalau dibandingkan dengan merek dan model lain yang seangkatan. Dikarenakan, komponen pendukung masih banyak dijual di toko onderdil. Bahkan saat kopi darat, para anggota klub kerap memberikan alternatif tempat dan juga alamat toko spare part baru yang lebih murah dan terjamin.

“Untuk beberapa komponen bawaan pabrik memang sulit dicari, terlebih yang sifatnya kelengkapan bodi, seperti spion asli, side body moulding, dan beberapa part lain. Tapi, itu yang membuat kita makin asyik untuk berburu. Sedangkan onderdil selain standar pabrik, ada after market yang tak kalah bagus dan awet dipakai,” beber Andika yang mengaku sudah mengenal dan mengemudi Corolla DX sejak SMA hasil dari pemberian orangtuanya.

Bandelnya Mobil Sedan Corolla

Faktor kuat lainnya yang menjadikan ratusan anggota klub itu senang memakai “barang antik” tersebut adalah tidak rewel alias bandel. “Apalagi mesin. Gampang merawatnya dan kalau ada apa-apa masih banyak cadangannya karena Kijang lama masih banyak yang pakai, terutama mesin tipe 4K dan 5K. Atau mesin sudah tidak bisa dipakai, masih banyak yang jual gelondongan,” tambah Andika.

Diakui, dengan perawatan berkala yang baik, DX masih bisa dijalankan 10 km dengan hanya 1 liter bensin (10 kpl) dalam kondisi macet. Untuk merawatnya, dibutuhkan dana sekitar Rp 500.000. “Sebenarnya biaya servisnya murah, yang mahal hanya oli saja. Untuk oli dengan spesifikasi cukup baik bisa sekitar Rp 300.000 untuk 4 liternya. Sedangkan servis antara Rp 100.000 – Rp 150.000 saja,” ungkap Andika yang menggunakan DX rata-rata 600 km setiap bulannya.

Memang mobil sedan corolla beda dengan lainnya, sudah terbukti handal dan awet apalagi kalau di rawat dengan baik pastilah akan bertambah nyaman memakainya, sekian dulu ulasan tentang mobil sedan corolla, semoga impian kamu memiliki mobil sedan corolla terbaru dapat segera terwujud yah.. amin…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s